7 Teori Unik dan Anti-Mainstream Tentang Anime One Piece

One Piece adalah anime shounen legendaris dan salah satu yang paling tertua masih ongoing sampai saat ini. Plot cerita dalam anime ini mengambil latar belakang dunia bajak laut dan petualangan Luffy beserta kru bajak lautnya untuk menemukan harta karun terbesar, yakni "One Piece" itu sendiri.

Dibuat oleh mangaka jenius, Eiichiro Oda, One Piece menjadi manga paling populer dengan penjualan terlaris sepanjang masa dan adaptasi animenya dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Alasannya, alur kisah yang dibangun One Piece sangatlah unik dan anti-mainstream.

Berbeda dengan anime shounen kebanyakan yang linear storyline, jalan cerita yang dikembangkan One Piece bersifat expanding universe tak terbatas. Setiap karakter dan tempat memiliki plotline masing-masing dan tak terpaku pada petualangan Luffy beserta krunya.

Sebagai master foreshadowing, Oda berhasil membuat penggemar senantiasa penasaran dengan misteri dan kejutan apa yang disiapkan kedepannya. Istilah "One Piece" sendiri masih sebuah misteri, belum lagi nama-nama seperti Poneglyph, Raftel, Red Line, Pluton, Joy Boy, Devil Fruit, dll.

Karena keahlian Oda tersebut, banyak fans One Piece suka berteori untuk menerka-nerka jalan pikiran sang mangaka. Ada teori yang sudah terbukti, tapi lebih banyak lagi yang belum terungkap. Dari yang unik sampai yang absurd, 7 teori terbaik One Piece SyamShow rangkum untuk dinikmati.

1. Zoro Memiliki Mata Iblis (Demon Eye)

Roronoa Zoro adalah kru pertama yang direkrut Luffy bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami. Zoro merupakan pendekar pedang yang memiliki skill luar biasa dengan aliran Santoryu (Tiga Pedang). Sejauh ini tampaknya teknik ini hanya dikuasai oleh Zoro seorang.

Ada misteri terkait kekuatan Zoro yang jadi perhatian fans, yaitu red glow yang muncul di mata kiri Zoro dalam beberapa kesempatan berduel.

Roronoa Zoro:
Penampakan mata sadis Zoro

Kebanyakan pemirsa mungkin menganggap ini hanya spesial efek semata. Tapi tunggu dulu! Apakah kalian tidak penasaran kenapa mata kiri Zoro sekarang (after time skip) tak pernah lagi dibuka? Malah terdapat tanda scar disana. Mungkinkah Zoro buta sebelah mata akibat latihannya dengan Mihawk?

Roronoa Zoro:
Zoro buta sebelah mata?

Akan sungguh ironis jika begitu kejadiannya. Tapi tenang! Ada teori menarik yang mungkin dapat menjelaskan insiden ini lebih baik lagi. Jawabannya: Zoro memiliki kekuatan Iblis yang terpendam dalam dirinya, dan kuncinya dikontrol oleh matanya!

Tertarik? Mari kita mulai dari kisah salah satu pedangnya, Sandai Kitetsu. Zoro menemukan pedang ini di Loguetown dan merasakan aura kutukan yang mengerikan. Status pedang kematian dari sejarah berdarah pedang ini membuat Zoro harus bertaruh dengan lengannya untuk mendapatkannya.

Pedang Sandai Kitetsu yang membuat Zoro menciptakan teknik Zoro Asura, karena spirit dari pedang ini adalah Demon Asura. Asura dalam mitologi Hindu merupakan rakshasa atau makhluk jahat, tapi juga termasuk dewa. Teknik pedang itu yang terkadang membuat Zoro menampilkan mata horornya.

Sekarang kita mengarah ke karakter lain, yaitu Cavendish. Cavendish juga merupakan bajak laut pengguna pedang. Kalian yang mengikuti arc Dressrosa pasti tahu kalau Cavendish pernah berubah menjadi iblis yang disebut Hakuba dalam keadaan tidak sadar sewaktu pertarungan di Colosseum.

Cavendish:
Cavendish dan Alter Ego Iblis Hakuba

Ketika Cavendish bertransformasi menjadi Hakuba, ia memiliki skill pedang yang maha dahsyat. Cavendish sendiri memiliki sejarah kelam yang berhubungan dengan iblis yang ada dalam dirinya. Bukan tidak mungkin Zoro pun dapat menjelma menjadi iblis pula sama seperti Cavendish.

Pertanyaannya sekarang, kenapa Zoro belum pernah berubah wujud seperti Cavendish? Mungkin sebenarnya Zoro sudah pernah mengalami hal tersebut sewaktu latihan dengan Mihawk. Tentu saja hal ini berbahaya jika Zoro melakukannya secara tak sadar, bisa saja ia melukai nakamanya.

Karenanya berbeda dengan Cavendish, Zoro menemukan cara mengontrol iblis yang bersemayam dalam pedangnya, untuk mengurangi resiko pengambil alihan tubuh. Yaitu dengan menyegel mata kirinya! Kunci kekuatan iblis Zoro ada dimatanya yang selama ini kadang bercahaya merah.

Jika teori ini benar, teknik itu pastinya dipelajari Zoro dari pendekar pedang terbaik di dunia, Dracule Mihawk. Melihat kerpibadian Mihawk sendiri, tidak mengherankan jika ia pun memiliki jenis iblis yang dapat dipakai untuk bertarung dalam situasi yang benar-benar ekstrim dan sangat diperlukan.

Dracule Mihawk:
Pendekar Pedang No 1 dan Masternya Zoro

Saat ini kekuatan iblis Zoro masih tersegel dengan baik, tentunya tidak akan dibuka begitu saja sebelum menghadapi lawan tangguh yang dapat memojokkan dirinya dalam kondisi tersulit. Tapi dalam kesempatan berikutnya kekuatan Iblis Asura tidak akan menguasai jiwa Zoro sepenuhnya.

Zoro dapat mengontrol ilmu Iblis Asura dengan baik untuk menambah skill pedang dan gaya bertarungnya. Mungkin saja keahlian Zoro saat Asura dilepaskan bisa jadi sepuluh kali lipat dari kekuatannya yang sekarang! Pastinya fans pendekar Santoryu sudah tak sabar menanti hari itu.

1 2 3 4 5 6 7

Demikian 7 Teori Unik dan Anti-Mainstream Tentang Anime One Piece yang populer dikalangan penggemar. Teori-teori tersebut hanya secuil kemungkinan dari luasnya dunia yang bisa berkembang pada anime One Piece. Masih banyak teori menarik lain yang belum sempat masuk daftar ini.

Pemikikran yang brilian dan konsistensi sepenuh hati yang Eiichiro Oda tuangkan dalam membangun plotline cerita One Piece merupakan salah hadiah terbaik yang pernah hadir dalam kebudayaan manga dan anime. Sesuatu yang patut disyukuri bagi para Otaku dan Japan Addict.

Petualangan Luffy dan sahabatnya masih terus berlanjut, harta karun terbesar "One Piece" masih misteri, tapi tidak ada yang meragukan kemegahan yang telah dipersiapkan Oda. Sampai waktunya tiba, mari berharap agar One Piece tetap menjadi pop culture yang kuat dan tak akan pernah sirna.

Post a Comment

0 Comments